Jumat, 29 Mei 2015

Tiga Golongan Yang Terancam Tidak akan Masuk Syurga




 

 Tiga Golongan Yang Terancam Tidak akan Masuk Syurga

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْد

Dalam Al-quran yang berisi perintah dan larangan, perintah untuk kita taati dan laksanakan sementara larangan untuk kita jauhi. Disaat kita melaksanakan perintah Allah dengan ikhlas dan sesuai dengan tuntunan sunnah Rasulullah, maka Allah tidak akan menyia-nyiakan amalan dan ibadah kita tersebut, bahkan Allah akan memberikan kita limpahan keutamaan.

ثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَمَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ

“Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa
yang telah mereka kerjakan (QS.An-Nahl : 97)

                Keutamaan dan ganjaran serta balasan ini disebutkan sebagai kabar gembira dan penyemangat untuk kita senntiasa melaksanakan perintah Allah dalam bentuk ibadah dan mengerjakan amalan-amalan kebaikan. Demikian pula pada saat kita melakukan apa-apa yang dilarang oleh Allah didalam Al-Qur’an, disebutkan pula efek dan akibat yang akan kita tuai dari kemaksiatan yang dilakukan tersebut.
وَمَنْ أَعْرَضَ عَنْ ذِكْرِي فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنْكًا وَنَحْشُرُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْمَى
“Dan barang siapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta”. (QS.20:125)

            Itulah akibat yang didapatkan apabila berpaling dari peringatan Allah, didunia mendapatkan kehidupan yang sempit dan diakhirat dikumpulkan dalam keadaan buta. Sebagaimana amalan sholeh, perbuatan yang buruk dalam bentuk perbuatan dosa dan maksiat, juga disebutkan akibat dan dampak yang akan didapatkan baik didunia maupun diakhirat,  supaya manusia takut dan tidak akan melakukan perbuatan maksiat tersebut dan  supaya manusia kembali kejalan yang benar.

            Rasulullah bersabda yang artinya:
“Tiga golongan yang terancam tidak akan masuk Syurga, anak yang durhaka kepada kedua orang tuanya, orang yang suka mengungkit pemberian dan orang yang kecanduan minum minuman  keras (HR, Bukhori dan Muslim).
            Hadirin yang dimuliakan Allah
            Inilah tiga golongan yang disebut Rasulullah dari beberapa golongan yang terancam tidak akan masuk syurga. Hal yang menyebabkan adalah:

1. Anak yang durhaka kepada orang tua
Begitu banyak ayat dan hadits yang menyebutkan tenatng kewajiban anak berbakti pada orang
tua.

وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia” (QS. Al-Isra:23)
 
2. Orang yang suka menyebut2 pemberian/mengungkit pemberian
.
            Allah SWT  berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 264 yang artinya:
“Hai orang-orang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena ria kepada manusia….” (QS. 2:264)
            Inilah salah satu sebab kenapa sampai kita diperintahkan Allah untuk beribadah dan beramal dengan ikhlas semata-mata karena Allah, bukan untuk mendapat pujian sanjungan atau kedudukan dari manusia atas amal ibadah yang harusnya ditujukan hanya untuk Allah.

3.  Kecanduan minum minuman keras
            Ini juga golongan yang sering disebut bukan hanya terancam tidak akan masuk syurga bahkan diharamkan untuk memasukinya. Perkara minuman keras yang sekarang ini disepelekan oleh sebaagian manusia, rupanya dampak kerusakannya demikian besar, bukan hanya didunia bahkan diakhirat. bukan hanya pada sipelaku tapi juga pada lingkungan masyarakat. Olehnya pelarangan ini demikian kuat bahkan wajib untuk dijauhi/ditinggalkan.
            Demikian yang dapat saya sampaikan semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan mohon maaf atas segala khilaf dan kekurangannya.
Wallahu muwafiq ilaa aquamitthoriq, wassalamualaikum Wr. Wb


Tidak ada komentar:

Posting Komentar