Jumat, 05 Juni 2015

Pengaruh Globalisasi Terhadap Pergaulan Bebas




                Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah. Globalisasi Sekarang ini semakin terasa. setiap hari kita bisa menyimak tayangan tv nasional bahkan sampai internasional, banyak kebudayaan mancanegara yang masuk ke Indonesia tanpa filter, internet pun dapat di akses sebebas-bebasnya sehingga banyak anak-anak dan remaja kurang umur yang mengakses situs porno. Fakta yang demikian memberikan bukti tentang betapa negara-negara penguasa teknologi mutakhir telah berhasil memegang kendali dalam globalisasi.            
                 Munculnya istilah pergaulan bebas seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang semakin maju. Akan tetapi perkembangan ternyata tidak selamanya membawa kemajuan dan banyak juga dampak negatif yang di akibatkan oleh perkembangan iptek, salah satunya adalah budaya pergaulan bebas tanpa batas. Banyak kebudayaan asing yang di contoh oleh generasi muda dan bahkan sudah membumi sebagai adat kebiasaan.
                Sikap remaja yang mengalami krisis identitas selama perkembangan menjadikan remaja selalu ingin coba-coba, dan hal inilah yang sangat mudah mempengaruhi generasi muda dalam penyesuaian peran sosial di masyarakat. Apalagi sebagian besar stasiun televisi banyak menayangkan sinetron tentang pacaran di sekolah maupun di kantor. Tentu hal ini sangat merusak moral kaum remaja muslim.
                Kebudayaan lain yang merusak adalah musik. Seperti yang kita tahu, musik-musik di Indonesia banyak yang tidak mendidik. Seperti contoh: banyak lirik lagu yang berbau mesum dan tidak selayaknya di perdengarkan terutama oleh anak-anak, dan tidak sedikit pula  penyanyi yang bergoyang tidak wajar dengan mempertontonkan auratnya. Banyak pengaruh globalisasi yang merusak moral generasi muda. maka dari itulah peran orang tua sangat di butuhkan dalam mendidik sikap moral remaja.
Pengaruh negatif globaisasi yang sekarang ini banyak terdapat dalam perilaku remaja jaman sekarang adalah:
a.         Perubahan dalam sikap individu sendiri, misalnya: kurang sopan terhadap orang tua, menurunnya sikap kepedulian diantara masyarakat khususnya di kalangan perkotaan.
b.      Dari cara berpakaian remaja sudah terpengaruh oleh kebudayaan barat, seperti: berpakaian sangat minim, ketat hingga lekukan tubuh terlihat jelasagar di katakana seksi, dan tidak sedikit pula wanita yang benar-benar ingin menutup auratnya maupun Cuma sekedar fashion.
c.       Dari cara bertutur kata, para remaja cenderung mengalami perubahan yang sangat signifikan, contohnya penggunaan kata gaul, dll
d.      Dalam tindakan remaja sekarang tidak terkontrol, seperti contoh: dalam berpacaran tidak sedikit remaja yang hamil di luar nikah.

Generasi muda adalah generasi penerus Bangsa. Akan tetapi bagaimana nasib bangsa yang mulai rusak ini? K.H Zainuddin MZ mengatakan bahwa untuk merusak suatu bangsa itu mudah. Tidak perlu angkat senjata, ngebom sana-sini dan tidak perlu perang. Cukup dengan merusak generasi mudanya saja bangsa sudah hancur, kita tinggal menunggu pergantian zamannya saja dari yang tua menuju ke yang muda.
Globalisasi tidak dapat di pungkiri lagi, banyak dampak positif dan negatif yang membuat kita menjadi lebih mawas diri terhadapnya.globalisasi bukanlah sesuatu yang perlu di hentikan atau di musuhi karena itu sudah menjadi gerak perubahan kehidupan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar